Arti Huruf Hijaiyah
ا alif = menyimbolkan
Allah sebagai tuhan yang maha esa ب ba
= Dengan sifat maha pengasih dan maha penyayang, Allah mencitakan alam semesta,
dimana hanya Allah SWT yang tidak dihinggapi rasa kantuk dan berdiri sendiri
menjadi penopang atasnya.(Qs. Al. Baqarah;255).
Dalam hal ini, huruf tersebut terdiri dari sebuah mangkuk yang melambangkan
sebuah alam, dan sebuah titik dibawah sebagai pertanda, , Exsistensi Allah
sebagai penyangga. dan yang kita tau sebuah titik dalam besaran vector adalah
tetap sebagai titik, entah bagaimanapun diperbesar berapa kali, adalah tetap
sebagai titik.ت ta
= setelah itu Allah SWT menciptakan mahkluk secara berpasang-pasangan.ث tsa
= setelah keberadaan mahkluk, maka Allah berbaik hati menuntun umat manusia
diatas nya (bismillahirahman arrahim)ج jim
= sebuah sunnatullah yang telah diciptakan sebagai fundament tatanan alam
semesta. ح ha
= berlakunya sunnatullah diatas alam semestaخ kha
= sunnatullah yang diberikannya kekuasaan kepada manusia sebagai tuntunan dalam
tugasnya sebagai wali Allah SWT di alam semesta.د dal
= bayangan kesempurnaan penciptaan alam semesta terpenuhi dengan adanya mahkluk
sebagai ma�mur, hukum alam yang dikenakan kepada setiap
ciptaanNya dan terakhir diangkatnya Manusia sebagai amir. (dua mangkuk yang
disusun simetris)
ذ
dzal = penisbahan dal ke pundak manusia (Qs. Al Ahzab-72
ر ra
= sebuah rahmat sebagai manifestasi keberagaman sifat-sifat Allah SWT didalam
mengatur ketetapan penyeimbang alam semesta ini. (bentuk mangkuk yang seolah
tumpah)
ز za
= penisbahan dza ke dalam fitrah manusia sebagaimana peniupan Ruh dikala
penciptaan manusia.ذ
dzal = penisbahan dal ke pundak manusia (Qs. Al Ahzab-72ر ra
= sebuah rahmat sebagai manifestasi keberagaman sifat-sifat Allah SWT didalam
mengatur ketetapan penyeimbang alam semesta ini. (bentuk mangkuk yang seolah
tumpah)ز za
= penisbahan dza ke dalam fitrah manusia sebagaimana peniupan Ruh dikala
penciptaan manusia.ذ
dzal = penisbahan dal ke pundak manusia (Qs. Al Ahzab-72ر ra
= sebuah rahmat sebagai manifestasi keberagaman sifat-sifat Allah SWT didalam
mengatur ketetapan penyeimbang alam semesta ini. (bentuk mangkuk yang seolah
tumpah)ز za
= penisbahan dza ke dalam fitrah manusia sebagaimana peniupan Ruh dikala
penciptaan manusia.ذ
dzal = penisbahan dal ke pundak manusia (Qs. Al Ahzab-72ر ra
= sebuah rahmat sebagai manifestasi keberagaman sifat-sifat Allah SWT didalam
mengatur ketetapan penyeimbang alam semesta ini. (bentuk mangkuk yang seolah
tumpah)ز za
= penisbahan dza ke dalam fitrah manusia sebagaimana peniupan Ruh dikala
penciptaan manusia.ذ
dzal = penisbahan dal ke pundak manusia (Qs. Al Ahzab-72ر ra
= sebuah rahmat sebagai manifestasi keberagaman sifat-sifat Allah SWT didalam
mengatur ketetapan penyeimbang alam semesta ini. (bentuk mangkuk yang seolah
tumpah)ز za
= penisbahan dza ke dalam fitrah manusia sebagaimana peniupan Ruh dikala
penciptaan manusia.ذ
dzal = penisbahan dal ke pundak manusia (Qs. Al Ahzab-72ر ra
= sebuah rahmat sebagai manifestasi keberagaman sifat-sifat Allah SWT didalam
mengatur ketetapan penyeimbang alam semesta ini. (bentuk mangkuk yang seolah
tumpah)ز za
= penisbahan dza ke dalam fitrah manusia sebagaimana peniupan Ruh dikala
penciptaan manusia. س sin
= Dengan seperangkat anugrah diatas, manusia mampu menjadi pemakmur bumi,
sehingga dari sebuah ب tanpa titik, manusia mampu memperluasnya demi upaya
kesejahteraan mahkluk-mahkluk yang lain. (adanya mangkuk baru hasil bikinan
manusia dengan domain usahanya)ش
syin = dan pada akhirnya, manifestasi huruf ث sebagaimana amanah Allah SWT kepada
manusia tercapai. ص sha
= kemudian perluasan-perluasan dunia yang dibikin oleh manusia itu tunduk.
Dalam hal ini alam telah dapat dibikin untuk mencukupi segala kebutuhannya (ada
bagian 2 mangkuk yang ditelungkupkan)ض dla
= penisbahan ص ke pundak manusia, amanat manusia sebagai amir ط tha
= dan dalam kondisi kecukupannya/kemakmurannya, Allah SWT turun untuk
membimbing manusia dalam bidang yang telah ditundukkannya, sebagai taufiq
supaya manusia taqwa kepada Allah SWT. ظ dha
= dengan kecakapannya, manusia mampu menerima bimbingan dari Rabb pencipta alam
dengan perantaraan amir. ع a�in = Setelah pengusahaan perluasan alam kearah horizontal,
manusia mulai mencari nilai-nilai vertikal yang melalui cahaya akal budi,
manusia mulai mencari tuhan sejati. غ gha�in = tingkatan manusia dalam mencapai tingkatan perjalanan
vertikal dalam mencari tuhannya; makrifat Illah ف fa
= sebuah keridhoan manusia atas segenap upaya manusia pemimpin dalam mengatur ق qaf
= suatu kondisi keridhoan manusia secara bermasyarakat atas system
kemasyarakatan yang dibentuknya sendiri. ك kaf
= jadilah alam semesta yang berdiri diatas ketentuan Allah SWT dengan medium
manusia didalamnyaل lam
= jadilah alam semesta yang berdiri diatas ketentuan Allah SWTم mim
= wujud faktual (tauladan Nabi Muhammad). Ketundukkan manusia pada Allah.
Sehingga jadilah manusia yang berada di �atas� jalan Allah. Allah mencintainya selayaknya pendengarannya
adalah pendengaran Allah, pengelihatanya adalah pengelihatan Allah, dan lisan
yang dikeluarkan adalah wahyu yang di-ilhamkan. ن nun = manusia dalam tingkatan rahmatan lil alamin وwau = permadani ampunan yang �dipersiapkan�Allah kepada manusia.(batas al A�raf bagi manusia kecuali Nabi Muhammad SAW)
هha= Kesempurnaan manusia, sebagai perwujudan
Shibghah Allah. (tanda kehidupan seimbang/ moksa:lingkaran)هha= Kesempurnaan manusia, sebagai perwujudan
Shibghah Allah. (tanda kehidupan seimbang/ moksa:lingkaran)هha= Kesempurnaan manusia, sebagai perwujudan
Shibghah Allah. (tanda kehidupan seimbang/ moksa:lingkaran)هha= Kesempurnaan manusia, sebagai perwujudan
Shibghah Allah. (tanda kehidupan seimbang/ moksa:lingkaran)هha= Kesempurnaan manusia, sebagai perwujudan
Shibghah Allah. (tanda kehidupan seimbang/ moksa:lingkaran)هha= Kesempurnaan manusia, sebagai perwujudan
Shibghah Allah. (tanda kehidupan seimbang/ moksa:lingkaran) צ
lam alif = alam semesta dan ِِِeksistensi Allah bersatu. ء
hamza�h = manusia mengenakan mahkota khalifatullah,
kemuliaan independent manusia. Menjadi Rasulullah/ utusan Allah (tapi bukan
nabi karena, Nabi Muhammad adalah Yang terakhir)
ى ya = alam semesta
menjadi lebih bermakna dengan huruf hamzah
ي ya
=
ي ya
=ي ya
=ي ya
=ي ya
= �bersama Allah�, manusia menjadi
penopang alam semesta. Dalam menjaga.
Inspirasi dari01.Menarik ragam inti (Ali bin abi thalib ) : al Qur’an – al
fatihah – dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang – huruf ba� ب – dan akhirnya sebuah titik yang menopang
mangkuk diatasnya. Alam semesta 02.Atmonadi; Otentifikasi al Qur’an : perspektif dalam mengurai
suatu ayat.yakni – huruf/kata/makna (bahasa), – numerik (bilangan)-matematik (bilangan), dan – simbolis geometrik, baik individual maupun dari huruf dan
bilangan Klo buku tersebut ngebahas tentang constrain al Qur’an, maka
dengan restrukturisasi menjadi ulasan diatas.03. huruf alif, ba dan ya dengan dua titik dibawahnya, ada apa?.04. surat al fatehah.Dan berikut tesis lengkapnya. Dan dibagi
,menjadi tiga arus besar.Cara membacanya,
Baca ayat-ayat pertama dari tiap surat, sebagimana kombinasi “huruf-huruf”, Haa
miim, alif laam miim, yaa siin, dsb. Dan liat pada tafsir huruf Arab diatas.
Kemudian cari kesimpulan dibalik ayat-ayat pertama tersebut.Wallahualam